2017

Lihatlah bagaimana kontrak telah diperbaharui. Satu semester telah berlalu. Dan apa yang sudah saya lakukan? Entahlah, saya tak pernah menuliskan resolusi tiap tahunnya. Bahkan pergantian tahun ini pun berlalu dengan mata terpejam dan tidur lelap. Tapi sungguh saya punya keinginan-keinginan yang mungkin saya lakukan. Setidaknya untuk esok, atau mungkin sekarang.

Saya coba mengevaluasi bagaimana saya dan proses belajar mengajar, saya coba menyusun setiap proyeksi untuk segala evaluasi setiap semesternya. Setidaknya itu yang cukup real bagi saya, toh ini adalah dunia saya. Semoga bisa menjadi lebih baik, minimal tidak membuat saya menghela nafas kecewa pada diri sendiri atau melukai harga diri karena berani memperbaharui kontrak dan mengajukan permohonan dosen tetap. Semoga. Setidaknya untuk empat semester yang telah berlalu, saya banyak belajar dan beradaptasi dan lebih baik lagi. Karena cita-cita sebagai manusia yang bermanfaat itu terwujudnya susah-susah-gampang. Minimal saya mengusahakan seauatu.

Dan ini 2017. It’s a hope. It’s my wish. Please be my year. Semoga. Bismillah. Entah darimana asalnya, saya meyakini bahwa ini tahunnya. Ga tahu gimana caranya. Walaupun ini jenis keyakinan yang tidak logis. Hingga saya menemukan tanda-tanda rasional, hanya berdoa dan semoga.

Bagaimana dengan IELTS dan PhD? Dua tahun lagi harusnya. Apa yang dipersiapkan? Mulai darimana? Let it flow aja lah. Gimana-gimananya, jalan menuju masih lebih nyata, walau ujungnya belum kelihatan. Hahaa.

Dan beginilah saya mengawali tahun ini. Entah bagaimana tahun ini berlalu, just wish it. Bismillah.

Tinggalkan Balasan

