Semua tentang cinta

Sungguh manankjubkan bila ku pikirkan satu kata ajaib yang memiliki berbagai makna ini. CINTA. Cuma lima huruf memang, tapi menceletukkannya membuat seorang psikolog dapat menganalisa dinamika asmara seseorang. Yaa. Tentu saja reaksi saya dan kamu dan setiap orang akan berbeda saat mendengar kata ajaib ini. Terlebih lagi ketika diminta berkisah dengan satu kata istimewa ini.

Cinta adalah suatu energi yang membuat saya menjadi orang yang akan mendewakan objek sasaran. Siapa pun itu. Apa pun itu.

Begitulah kira-kira saya mendefinisikan tentang kata ajaib itu. Dengan berbagai kisah yang terukir dibalik lima rangkaian huruf magis itu, kita boleh mencoba menyelami maknanya.

Seseorang dengan setia menjaga, merawat, melayani, dan merindukan pasangannya karena alasan cinta yang mendalam dan tulus. Seseorang sangat dendam dan tidak mau bertemu dengan mantannya yang begitu dalam melukainya karena alasan cinta yang telah dikhianati. Seseorang berpaling dari satu hati ke hati yang lain karena cintanya sudah memudar dan berpindah ke orang yang lain. Seseorang bosan dengan pasangannya dengan alasan sudah tidak cinta. Seseorang begini. Seseorang begitu. Yaa Cuma satu alasannya. Karena cinta. Ku pikir satu hal yang membuatnya menjadi jelas. Bahwa kata ajaib ini adalah sebuah alasan. Alasan dari perilaku seseorang. Dan dengan menjunjung nilai-nilai individual defferences saya simpulkan bahwa pemakaian kata magic ‘cinta’ sebagai alasan adalah hak asasi dan kebebasan manusia.

Cinta itu juga kalau ditelaah secara mendalam dan komprehensif (ehmm, ne bahasa alay BGT dah) termasuk kedalam spesies nano-nano alias beraneka rasa. Senang. Sedih. Takut. Marah. Kecewa. Bahagia. Dan lain-lain. Dan sebagainya. Dan seterusnya. Dapat dirasakanlah sendiri. Dan satu hal yang saya yakini kalau membahas tentang hal yang satu ini. Apapun perasaan yang nenbekas dihati saat satu kata ini muncul, kita tetap harus menikmatinya. Cinta sebagai anugerah dari sang pencipta. Dia yang Maha pencinta memberikan setitik perasaan istimewa ini kepada hambaNya yang hina. Apa hak kita untuk menolaknya? Bahkan saat kau menolak seseorang dari hati mu juga tidak berarti kau menolak cinta. Kau hanya menolak objeknya saja. Atau waktunya. Atau situasinya. Karena kita adalah manusia. Kita terlalu hina untuk menolak sebuah anugerah bertajuk cinta.

So, mari kita hidupi kehidupan yang begitu indah ini dengan dinamika asmara yang dipolos dengan sentuhan cinta (sungguh saya bukan seseorang dari lembaga manapun yang sedang berkampanye tentang cinta). Dan sejujurnya, tarian jari yang saya lakukan diatas keyboard laptop adalah juga karena mencintai mereka yang sedang sibuk dengan dinamika asmaranya. Saya pun begitu kawan. Kita punya hak (sekaligus kewajiban kayaknya) untuk melestarikan satu kata istimewa ini di muka bumi. Sungguh, tidak diizinkan untuk pembaca menerjemahkan cinta sebagai ajaranNya. Saya hanya berpikir satu kata dengan sejuta makna ini (memungkinkan untuk maknanya lebih dari sejuta) berhak dijaga dihati masing-masing dari makhluk Tuhan yang disebut manusia. Termasuk KAMU. Mengingat betapa kuatnya efek kata ‘magic’ ini dalam mempengaruhi aktivitas kehidupan seseorang, perlu ditegakkan prinsip-prinsip tertentu dalam menanganinya (sungguh disini saya terlihat begitu kaku). Yaa. Tentu saja ini berlaku untuk saya. Boleh menjadi referensi pembaca agar dinamika asmaranya tidak melulu berada di titik galau. Tapi tidak disarankan untuk mengikuti dengan alasan yang tidak jelas.

Karena saya golongan orang-orang yang mendewakan cinta (silahkan bersyukur kepada pembaca yang merasa saya cintai) sehingga satu prinsip saya dalam hal ini adalah PERCAAYA. Tentu saja ketika saya telah mengikrarkan bahwa saya mencintai ‘kamu’ maka saya akan percaya sama ‘kamu’.

Mari kita tidak hanya menginterpretasikan segala hal yang sudah saya kisahkan diatas hanya sebatas pada lawan jenis saja. Karena sekali lagi satu kata ini begitu istimewa dan berhak disisipkan pada hubungan yang kita bina dengan semua kalangan. Sekali lagi. Dengan penuh cinta saya lakukan tarian jari pada keyboard laptop saya untuk mengabadikan setiap rangkaian huruf untuk kamu maknai sebagai salah satu persembahan rasa cinta saya pada mu.

Tinggalkan Balasan

