Alangkah lucunya pendidikan di Negeri ku

Yogyakarta, 18 April 2013

Perubahan tanpa kesiapan segala unsur yang menjadi bagian daari perubahan itu akan menghasilkan kesia-siaan, betapa sinergisitas diperlukan dalam hal ini.

Senin, 15 april 2013 merupakan keputusan menteri pendidikan sebagai hari ujian nasional (UN) hingga tangal 17 April 2013. Sayangnya, H-2 pelaksanaan media mengumumkan ketidaksiapan lembar soal dan jawaban diseluruh sekolah di Indonesia, khususnya bagian tengah dengan rasionalisasi “soal belum selesai dicetak keseluruhan.” Pertama kalinya saya secara pribadi menyaksikan ketidaksiapan TEKNIS dari dinas pendidikan dalam penyelenggaraan ujian nasional di Indonesia. Penundaan yang dijadwalkan pada tanggal 17 April 2013 untuk wilayah Indonesia tengah berjalan tanpa ada hambatan. Hari berikutnya (UN hari kedua) terjadi rasionalisasi yang sama dari pihak sekolah untuk penundaan UN (lagi). Pihak sekolah berharap esok hari UN dapat diselenggarakan, namun tidak dapat memberi kepastian kepada siswa. Bila sampai esok hari rasionalisasi yang sama masih diperlukan, maka kemungkinan UN akan diselenggarakan pada hari senin mendatang. Seperti itu penuturan dari pengawas yang hanya mendistribusikan alasan teknis dari pusat kepada siswa.

Seorang teman menyatakan sisi positif dari penundaan ini adalah, siswa memiliki waktu lebih lama dalam mempersiapkan diri. Setidaknya menanggapi suatu kejadian secara positif lebih meringankan pikiran dan melegakan hati bagi setiap orang. Tentunya sebuah alasan teknis perlu dituntaskan dengan problem solver yang teknis pula. Soal ujian dicetak dan tidak terulan untuk UN SMP dua minggu yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s