Perempuan: saya

Asal kata perempuan adalah empu. Kepanjangan kata wanita adalah wani di tata. Pertama artinya “yang ahli”, kedua berarti “berani/siap di atur”. Hingga saya bangga menyebut diri sebagai PEREMPUAN. Sebuah kebanggaan yang kemudian pantas untuk saya banggakan, saya berjenis kelamin PEREMPUAN. Dan saya ber-gender androgini. Yaa, saya tak sesempurna “feminim” yang seharusnya saya menurut tuntutan masyarakat pun saya tak sempurna ”maskulin” untuk dikatakan menyimpang, namun tidak kemudian menjadi saya mampu berperan feminim ataupun maskulin ketika saya menyebut diri androgini, saya memiliki sisi maskulin juga feminim yang menonjol dalam diri saya walaupun tak semua. Saya kira gender adalah bentukan masyarakat, dan masyarakat dinamis, hingga ketiganya bukanlah sebuah keniscayaan.

Turut berduka atas segala pergerakan, seminar, kajian, dan banyak lainnya yang mengutak-atik emansipasi wanita, gerakan feminism, pemberdayaan perempuan dan lain-lain yang termasuk ranah itu. Masih merasakan kedukaan pada mereka yang menjadi korban serta pelaku hal-hal itu. Karena itu adalah bagian dari gender, dan gender bentukan masyarakat, masyarakat itu dinamis. Koq masih diperpanjang permasalahan seperti ini.

Menyadari diri sendiri, artinya paham akan kelemahan dan kelebihan yang dimiliki sudah lebih dari cukup untuk membentuk karakter, sifat, kepribadian, pun kebiasaan. Mengapa masih meminta pertimbangan gender? Toh gender tak sama dengan jenis kelamin yang merupakan keniscayaan. Bahkan kelamin aja saat ini bisa memilih, koq masih meributkan gender sii. Benar-benar absurb.

2 thoughts on “Perempuan: saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s