Manusia Instan, Jalur Pragmatis

Dunia global masa kini. Segala kemudahan terkemas didalamnya. Menjadi penawaran menggiurkan kepada segenap konsumen pragmatis. Segala mesin memanjakan mahluk sempurna yang Dia cipta. Menggantikan fungsi tangan, fungsi kaki, fungsi seluruh karya terindah Tuhan pada sesosok makhluk bertajuk “manusia”. Apakah kemudian kemudahan itu adalah sebuah kesalahan zaman? Atau itulah buah dari kecerdasan manusia yang merupakan bagian dari anugerah-Nya?

Manusia adalah sempurna diantara semua mahluk-Nya. Bahkan manusia mampu mencipta juga. Saya kira itu tak aneh. Karena manusia bagian dari Dia yang mencipta manusia. Namun hanya bagian kecil. Dan apa yang manusia cipta tak berhasil hanya dengan sekali ketok. Inilah yang membuktikan manusia masih berupa ciptaan, sehingga manusia masih bukanlah yang paling sempurna. Jiwa kemanusiaan seseorang yang kemudian menawarkan kekreatifan diri untuk mencipta kemudahan-kemudahan untuk kehidupan manusia. Yang kemudian diberi judul “instan” oleh zaman. Ini kreativitas. Ini membantu dan memfasilitasi kehidupan. Tapi juga mengenalkan manusia pada kehampaan dunia. Melewati berhari-hari pada hidupnya dengan berjuta mesin. Tanpa manusia yang lainnya lagi, ternyata semuanya menjadi mudah. Begitukah dunia pada masa yang akan datang yang menjadi mimpi masyarakat hari ini?

Manusia menjadi enggan berinteraksi dengan sesama yang juga dicipta oleh-Nya. Manusia berlomba dengan mereka untuk mencipta kemudahan-kemudahan untuk dunia. Karena yang instan adalah mudah, sehingga itu yang menjadi favorit dari manusia dengan tujuan tersebut sebelumnya. Kemudahan demi kemaslahatan pribadi. Produk lingkungan dan produk zaman yang membentuk pribadi-pribadi pragmatis dan jauh dari nilai-nilai keluhuran. Entah, apakah masih ada nilai-nilai itu dalam kehidupan dunia hari ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s