Traffic Lights

TRAFFIC LIGHTS kita kenal juga dengan sebutan lampu lalu lintas. Tiga warna lampu dalam satu tiang yang banyak kita jumpai dipersimpangan jalan. Ini berfungsi untuk membantu kerja dinas perhubungan menertibkan lalu lintas yang ada. Lampu lalu lintas ini adalah salah satu dari kebijaksanaan hukum lalu lintas yang seharusnya dipatuhi oleh setiap pengguna jalan. Akan tetapi, sudah menjadi rahasia umum kalau tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang tidak dapat menggunakan warna merah, kuning, atau pun hijau sehingga dengan santai meluncurkan kendaraan mereka melewati lampu lalu lintas di depan mata. Belum ada tindak lanjut dari pelanggaran lampu lalu lintas selama ini, kalau pun ada masih sangat minim jumlahnya. Sedangkan kasus kecelakaan yang terjadi akibat pelanggaran ini sudah cukup banyak sebagai syarat tindakan tegas dari yang berwenang. Walau pun tidak setiap kali pelanggaran adalah satu kasus kecelakaan. Yang diproses dalam pelanggaran ini pun masih memiliki nyali untuk melakukannya. Ini dikarenakan mereka hanya didenda untuk perbuatan mereka. Setiap hal yang tertulis di atas membutuhkan kesadaran diri dari kedua belah pihak, baik sang penegak hukum maupun si pengguna jalan. Ini yang masih di proses di negara kita, Indonesia.

Sebuah aturan terkadang menjadi tantangan untuk orang tertentu. Sehingga menjadi kepuasan tersendiri jika dapat mengelabuhi hukum, apalagi berhasil. Ada kalanya kita terpaksa melakukan pelanggaran karena beberapa hal yang mendesak. Kebutuhan ini akan membentuk motivasi yang tinggi pada seseorang untuk melakukan pelanggaran. Sekali adalah tindakan terpaksa yang berhasil. Kedua dan seterusnya adalah tindakan yang dibuat terpaksa harus dilakukan karena berdasar pengalaman sebelumnya, ini tidak merugikan/membahayakan siapapun. Cerita sukses orang lain yang melakukan pelanggaran dan selamat dari ganjaran atas pelanggarannya dapat membuat otak kita berfikir, “dia melakukannya dengan sukses, kenapa saya tidak mencobanya”. Ketiga model perilaku di atas merupakan beberapa alasan mengapa masih terjadi pelanggaran lampu lalu lintas oleh penguna jalan.

Masyarakat Indonesia khususnya, mencintai sifat praktis. Begitupun yang tercermin dalam kerja kepolisian untuk menangani pelanggaran lampu lalu lintas. Seperti apa kepolisian terdahulu menangani kasus, seperti itu pula kepolisian hari ini akan menanganinya. Suatu kasus pelanggaran akan bertambah setiap harinya. Penyelesaian yang cepat dan tidak berbelit-belit atau membutuhkan banyak tenaga tampak lebih efektif. Tidak heran bila masih banyaknya pelanggaran yang terjadi bahkan sampai berulang.

Pelanggaran lampu lalu lintas di Indonesia saat ini merupakan kendala penerapan hukum di negara ini. Sekaligus juga menjadi ketidakadilan bagi pengguna jalan. Lampu lalu lintas ada sebagai salah satu alat pengatur/hukum lalu lintas. Pelannggarannya merupakan suatu kendala. Kendala yang ada tidak diselesaikan secara baik oleh yang berwenang. Sehingga menjadi tidak adil bagi masyarakat yang terlibat, baik langsung maupun tidak langsung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s